Labels

Founding Fathers :

The apple doesn't fall far from the tree. Apel jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Daya tarik kuat juga bisa dilihat dari “Sang Guru” HOS Tjokroaminoto, yang pesonanya dijadikan benchmark oleh Bung Karno, tak kurang, pesona itu pula yang menyihir Haji Agus Salim hingga membelot pada Belanda dan ikut membesarkan Sarekat Islam.

“Pemimpin ibarat pasar,” kata sebuah pepatah Arab, “apa saja yang laris di sana pasti akan didatangkan ke dalamnya.” Pemimpin yang memiliki pesona atau kharisma, cepat atau lambat, para pembelanya akan berdatangan. Maka jangan kaget di bawah komando HOS Tjokroaminoto, Sarekat Islam punya 2,5 juta anggota!

Karisma itu lahir dan dibesarkan oleh kontribusi. Dilanggengkan dari kemampuan seorang pemimpin untuk memberi dan memberi.
Leadership is action, not position. Pemimpin yang benar tidak mengejar popularitas. Popularitas yang akan mengejar dirinya. Maka meski tanpa iklan di televisi, nama HOS Tjokroaminoto seakan menjelma artis tenar di sepanjang tahun 1920-an. Ia menjadi film, yang diputar di dalam benak setiap pengagumnya. Extraordinary!

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll