Labels

Pariwisata Indonesia: Situ Cileunca


Pangalengan, sebuah kecamatan di wilayah Bandung Selatan, Jawa Barat merupakan salahsatu objek pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal bandung maupun luar bandung. Udaranya yang dingin menjadi ciri khas daerah ini. Beragam tempat wisata dapat dinikmati di kawasan sekitar pangalengan. Salah satunya adalah situ cileunca yang merupakan danau seluas sekitar 180 hektar. Perjalanan menuju situ cileunca dapat ditempuh sekitar 20 menit naik angkutan umum dari pusat kecamatan pangalengan. Untuk bisa menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3000/orang. Selain tarifnya yang murah, situ cileunca juga menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Dikelilingi oleh dua perkebunan teh disekitarnya yang semakin membuatnya memesona.
Fasilitas wisata yang terdapat di situ cileunca antara lain; perahu, arung jeram, flying fox, saung-saung pinggir danau serta panorama alam yang menyejukkan mata. Pengunjung yang ingin menikmati berkeliling situ dapat menyewa perahu. Terdiri dari perahu motor dan perahu dayung. Dengan tarif Rp 10.000/orang untuk perahu motor dan Rp 6000/orang untuk perahu dayung, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan berperahu di permukaan danau. Seharga itu pula, pengunjung dapat mengelilingi sekitar situ dan melihat pemandangan dari sudut-sudut yang tak dapat dijangkau tanpa menggunakan perahu. Menyewa perahu menjadi pilihan favorit di tempat ini, terlihat dari banyaknya pengunjung yang memilih menikmati situ cileunca dengan menggunaan perahu. Selain dapat melihat pemandangan keseluruhan danau, dengan berperahu juga pengunjung dapat melihat dari dekat beberapa perkebunan di pinggiran situ cileunca. Diantaranya terdapat perkebunan teh dan perkebunan strawberry.
Selain menyewa perahu, pengunjung juga dapat menikmati beberapa kegiatan yang disediakan di tempat ini. Salah satunya adalah arung jeram, dengan dikenakan tarif sebesar Rp 100.000/orang, pengunjung dapat menikmati suasana arung jeram yang menarik. Untuk kegiatan arung jeram ini, syaratnya harus diikuti oleh 20 orang, setelah itu barulah wisatawan dapat berarung jeram bersama. Selain arung jeram, juga terdapat sarana flying fox. Permainan ini sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin merasakan sensasi melayang selama beberapa detik di udara. Dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 10.000/orang, para pengunjung sudah dapat menikmati satu kali sarana flying fox tersebut.
Bagi pengunjung yang tidak mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, menikmati eksotika situ cileunca di saung-saung pinggiran danau merupakan pilihan yang tak kalah menarik. Selain gratis, fasilitas saung yang disediakan ini juga dikelilingi pohon-pohon rindang yang semakin melengkapi keindahan pemandangan di danau. Suasana yang teduh dan udara dingin membuat saung menjadi tempat  istirahat yang menyejukkan bagi para pengunjung. Menjadi tempat yang tepat untuk melepas lelah selama perjalanan. Makan bersama di saung juga merupakan pilihan yang tepat selain berfoto dengan latar belakang pemandangan danau yang luas. Saung-saung ini terdapat di beberapa tempat pada pinggiran situ cileunca yang biasa menjadi tempat berkumpul para pengunjung. Beberapa bagian panorama alam situ cileunca dapat terlihat dari saung-saung ini.
Sejauh mata memandang, situ cileunca ini tampak sangat luas. Berada diantara desa wanasari dan desa pulosari kecamatan pangalengan. Situ cileunca menjadi objek wisata yang cukup populer di kawasan Bandung dan sekitarnya. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk pengunjung yang ingin berwisata dengan murah meriah.
cc: http://kotaangin.com
http://kotaangin.com/wp-content/uploads/2012/05/Pamflet-Lomba-Menulis-Artikel-Blogger-Nganjuk-Tingkat-NASIONAL.jpg

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll